Faktor Penyebab Hipertensi

Apa yang menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi? Beberapa faktor bisa menyebabkan seseorang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Misalnya faktor usia. Ketika seseorang bertambah tua, maka tekanan darah mereka akan bertambah tinggi. Faktor lainnya adalah faktor keturunan. Darah tinggi bisa diwariskan dari orang-tua kepada anak.

Faktor penyakit, gaya hidup dan pola makan juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Misalnya kolesterol bisa menyebabkan seseorang menderita darah tinggi. Gaya hidup yang cepat di kota besar juga membuat seseorang stres dan bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu hipertensi.

Pola makan juga menjadi faktor utama penyebab tekanan darah tinggi. Jika sering minum kopi dan teh secara berlebihan juga akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat sehingga tekanan darah juga akan bertambah tinggi.

Selain minum teh atau kopi secara berlebihan, minum alkohol dan merokok juga memiliki efek langsung terhadap tekanan darah yang menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.

Faktor lain lagi adalah makanan yang mengandung garam. Garam dapat mempercepat peningkatan tekanan darah Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi, hindari makanan yang mengandung garam. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

0 komentar:

Posting Komentar